Ang Ciu, Mirin, Rhum

Sabtu, 21 Agustus 2010

Baruuu aja tadi pagi di trans TV, di acara halal dibahas tentang ang ciu, mirin dan rhum. Jadi tertarik banget posting di blog soal ini. Disana dibahas tentang banyaknya kandungan2 diatas dalam makanan di indonesia. Mostly...i repeat mostly chinese resto memakai ang ciu dalam masakannya.

Untuk memberi penguat rasa, masakan cina banyak menggunakan arak putih (pek be ciu), arak merah (ang ciu), arak mie (kue lo ciu) dan arak arak gentong. Fungsi ang ciu selain penguat rasa, diantara untuk mengempukkan daging.

Kalau mirin yang disebut juga cuka beras atau arak beras adalah hasil fermentasi beras. Mirin mengandung alkohol sampai 14%. Banyak dan hampir pasti digunakan pada masakan jepang. Dengan fungsi yang hampir sama dengan arak masakan. Sebagai penguat rasa dan pengempuk daging.

Rhum sih sudah jelas, dia memang jenis alkohol. Kandungan alkoholnya mencapai 40%.

Pertanyaannya adalah....ah kan kalo dipakai sebagai bahan makanan gapapa dong..cuma sedikit kok...
Hmm...kalo dia sebagai salah satu bahan makanan seharusnya dia kan masuk kedalam pencernaan dan mengalir didalam darah..dipompakan keseluruh organ tubuh kita....*ngetiknya sambil sedikit merinding mengingat jaman dulu yang belum aware soal ini, semoga Allah mengampuni...amiin*

Jadi....pleaseee berhati hatilah...kalo bisa, intip dapurnya deh..soalnya pedagang juga kadang tidak aware soal ang ciu ini. Mereka hanya anggap itu sebagai salah satu bumbu penyedap saja.
At least, berusahalah untuk bertanya apakah ada kandungan mirin, ang ciu, sake, rhum dalam masakan mereka.

But, who am i to judge? it's ur own choice...ur own consequences...
Mohon maaf kalo ada salah kata....sesungguhnya kebenaran hanyalah milik Allah Swt semata...saya cuma remind diri sendiri untuk mengingat...memilih yg nantinya akan menjadi konsumsi dan mengalir didalam tubuh saya dan keluarga....saya juga masih terus cari tahu dan belajar...apa sih halal...apa sih thoyyib...

Happy weekend temans....

Next, saya juga pengen tahu dan posting tentang saus teriyaki, saus kikkoman....(huhuhuuuu....andalan tuh kalo mau bikin bento homemade).


*taken from several resources for my own reminder*
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

2 komentar:

cute_v3 mengatakan...

iya mbak...musti aware nih.... aku baru nyadar klo banyak masakan yang emang g pke babi tapi pake arak >.<

Rina mengatakan...

Coba buka situs dibawah, bisa menjadi referensi..

1. http://www.facebook.com/notes/must-be-halal/mengintip-bumbu-masakan-jepang/281503913651

2. http://www.aritunsa.com/blog/angciu-rhum-mirin-apakah-halal.html

3. http://ummulaits.wordpress.com/2012/06/27/arak-pada-makanan/

Poskan Komentar